Jumat, 02 Juli 2010

Berhentilah Mengeluh Kawan karena Hidup itu Indah...

Seorang spesialis jiwa sekaligus guru yang shaleh pernah bertanya,"kalau sedang sakit apa yang anda ingat?sakitkah atau sehat?"..pertanyaan itu juga sering dilontarkan kepada pasien dan keluarga pasien...

Banyak dari kita yang sering sekali mengeluh. Sekedar mengatakan aduh atau selalu merasa lemah. Setiap ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman seperti ujian, kesulitan ekonomi, masalah keluarga atau masalah lainnya sering kali mengundang kata "aduh!" tapi sadarkah kita? ternyata kata dan keluhan itu tidak akan meringankan masalah. bahkan apa yang kita keluhkan terus mener hanya akan membuat masalah itu semakin terasa berat. Lelah merupakan suatu fitrah manusia. memang berkata aduh ataupun sesekali mengeluh dan merasa lelah adalah hal yang wajar. tapi kita tidak boleh larut dalam hal itu.

jadi apa yang harus kita lakukan?..

pertama, berhentilah mengeluh dan berkata aduh.

kedua, yakinlah bahwa diri kita adalah orang terbaik yang bisa melewati cobaan dan ujian. bukankah Allah tidak akan memberikan cobaan melampaui kemampuan hambaNya?kalo Allah memberikan cobaan pasti Allah udah mengukur dengan kemampuan diri kita. so, don't underestimate yourself!!!!

ketiga, keluar dari zona nyaman! karena tidak selamanya kita bisa mendapatkan apa yang kita mau, tidak selamanya orang-orang yang kita sayangi bisa menjadi mengeluarkan kita dari masalah kita. hidup itu adalah ujian, dan suatu saat kita pasti harus memecahkan masalah kita sendiri. bukankah ujian membuat kita semakin dewasa?ujian adalah cara Allah membentuk kita menjadi pribadi yg lebih indah.

keempat, jika kamu merasa sangat lelah dan tidak bisa memecahkan masalah yang ada, maka serahkan semua ke Allah dalam sujud dan doa-doa panjang. ikhlaskan semua..karena Allahlah yg memberikan ujian. maka Dialah yang paling tau jalan keluarnya.

kelima, bersyukurlah karena begitu banayk kenikamatan yg diberikanNya untuk kita...keimanan yang baik adalah keimanan orang-orang yang selalu bersyukur walaupun dlm keadaan sempit.

Nah, sekarang apa jawaban dari pertanyaan guru shaleh itu?...jawabannya adalah..teruslah berpikir sehat, berpikirlah ke allah yg menyembuhkan dn memberikan sehat...dan terbukti..hati menjadi tenang. bukankah Allah sesuai prasangka hambaNya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar